PENDAPAT PARA ULAMA' TENTANG PENCETUS TULISAN ARAB HURUF HIJAIYAH PERTAMA KALI

Pencetus Tulisan Arab Huruf Hijaiyah Pertama - Salam untuk teman-teman sekalian, sehat selalu ya? Cak jahlun doakan semoga kalian sehat semua dan berkah umurnya serta lancar rizkinya. Amiin

Oia teman-teman, pernah gak sih kalian berfikir tetang siapa sih orang yang pertama kali menciptakan atau mencetuskan huruf hijaiyah dalam tulisan bahasa arab?

Nah di sini cak jahlun akan memaparkan tentang siapa orang yang pertama kali menemukan atau mencetuskan tulisan huruf hijaiyah dalam bahasa arab.

Inilah pendapat para ulama':


Ka'b Al Akhbâr menyebutkan bahwa pertama kali yang menulis arab adalah Nabi Adam 'Alaihissalam. Kemudian ditemukan kembali oleh Nabi Ismail 'Alaihissalam setelah peristiwa banjir dizaman Nabi Nuh 'Alaihissalam.


Masih menurut Ka'b Al Akhbar bahwa Nabi Adam 'Alaihussalam menulis 300 tahun sebelum wafatnya. Nabi Adam menulisnya pada tanah lalu dibakar. Ketika terjadi banjir besar dizaman Nabi Nuh 'Alaihissalam, tulisan tersebut ikut tenggelam.Setelah surut baru kemudian ditemukan Nabi Ismail 'alaihissalam.

(Ibnu Faris dalam kitab Shohibayya,hal:10).


Menurut Ibnu Abbas RA, pertama kali yang menulis arab, baik barisan kata maupun ucapannya adalah Nabi Ismail 'Alaihissalam.

(Al Hakim dalam Al Mustadrok 2/552 dan Al Baihaqy dalam Syu'b Al Iman 1503).


Menurut 'Urwah bin Zubeir RA, pertama kali yang menulis arab adalah para leluhur kaum Azd. Diantaranya nama-nama mereka adalah Abjad, Hawwaz, Huththo, Kilman, Sa'fash dan Qorusyat. Mereka semua adalah para raja negeri Madyan.

(Lihat dalam kitab Muhadhorôt Al Adibbâ 1/197).


Ibnu Qutaibah dalam kitab Al Ma'ârif mengatakan bahwa yang pertama kali menulus arab adalah Muromir bin Marwah, salah seorang penduduk Anbar (wilayah iraq sekarang). Lalu dari ambar ini kemudian menyebar.

(lihat Al Ma'arif hal:552).


Demikian juga Al Madâ-iny menyebutkan hal yang sama senagaimana Ibnu qutaibah.

(Lihat kitab Subhi Al A'sya 3/12).


Intinya nih teman-teman, terdapat perbedaan pendapat diantara para ulama' tentang siapakah orang yang pertama kali menciptakan atau mencetuskan huruf hijaiyah dalam tulisan arab. Jadi jangan ngotot yah kalau lagi beradu argumen tentang siapa pencipta atau pencetus huruf hijaiyah. Tulisan ini kan cuma sebagai referensi saja tenam-teman.


Semoga tulisan tentang Pendapat Para Ulama Tentang Pencetus Tulisan Arab Huruf Hijaiyah Pertama kali bermanfaat buat kita semua, terutama untuk cak jahlun sendiri yang agak lelet ini hihihi
Disqus Comments