Cak Jahlun Belajar Khot Pada Ustadz Fathurrahman Karyadi

Cak jahlun tu ingin banget punya tulisan kayak tulisannya Ustadz Fathurrahman Karyadi, jadi Cak Jahlun Belajar Khot Pada Ustadz Fathurrahman Karyadi

Mari disimak bersama ceritanya....

Masuklah beliau ke dalam kelas cak jahlun, beliau adalah Ustadz fathurrahman karyadi atau yang lebih akrab dipanggil dengan sebutan cak Atunk. Beliau mengajar mata pelajaran imla' dan Khot.


Sebelum memulai pelajaran perdananya, beliau menuliskan surat al-Fatihah di papan tulis, sambil berkata "tulislah apa yang saya tulis, dan tulislah dengan tulisan yang bagus dan rapi dan dengan gaya tulisan kalian masing-masing, saya ingin melihat hasil tulisan kalian, kemampuan dan daya kreatif imajinatif kalian"
Seluruh santri menulis ayat yang ditulis oleh ustadz fathurrahman karyadi, tapi dengan bentuk dan corak kreasi para santri untuk dinilai dan dikasih komentar oleh ustadz fathurrahman karyadi.

Seluruh santri sibuk dengan goresan penanya masing-masing hanya untuk membuat tulisan khot yang bagus dan rapi. Tak ketinggalan cak jahlun tidak kalah sibuk dengan para santri lainnya.

Akhirnya selesai sudah seluruh santri dalam menulis khot dari ayat yang ada di papan.

Lalu ustadz fathurrahman karyadi meneliti satu persatu sambil berjalan dari bangku paling ujung guna menilai dan melihat kemampuan tulis menulis khot para santri.

Setelah selesai meneliti satu-persatu khot yang ditulis oleh para santri, ustadz fathurrahman karyadi berkata "sesungguhnya gaya tulis atau khot di dalam bahasa arab itu ada banyak bentuknya, ada khot diwani, riqqi, tsulus, farisi dan lain-lain, jadi.........."


"Ustadz......." cak jahlun memotong pembicaraan keterangan ustadz fathurrahman karyadi

"ya cak jahlun, ada apa?" jawab ustadz fathurrahman karyadi

"kalau bentuk dan gaya khot itu bermacam-macam, kira-kira tulisan saya ini masuk khot apa?" tanya cak jahlun

"ooo... tulisan sampean to... tulisan sampean itu termasuk khot KURDI" jawab ustadz fathurrahman karyadi

"khot kurdi....???? Khot apa itu ustadz?" kata cak jahlun sambil penasaran

"KURDI, suKUR daDi (asal jadi)" jawab ustadz fathurrahman karyadi disusul gelak tawa para santri lainnya....

Sekian dulu kisah Cak Jahlun Belajar Khot Pada Ustadz Fathurrahman Karyadi, Jangan lupa ya, kalau teman-teman ada yang berjumpa sama Ustadz Fathurrahman Karyadi (atunk), titip salam dari Cak Jahlun. :)
Disqus Comments